Solusi Bagi Para PNS (Bag. 2)

Tulisan ini lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Solusi Untuk PNS (Pengen Ngelunasi Sisa utang), yaitu solusi untuk temen-temen PNS yang pengen terbebas dari utang riba.

Setelah bertaubat dengan bersungguh-sungguh kepada Allah ta’ala atas dosa riba yang pernah dilakukan dulu, maka kemudian niatkan dalam hati untuk berazzam bahwa kita tidak akan mengulangi lagi praktek riba dalam hidup kita.

Selanjutnya baru kita ke solusi teknis, seperti yang disebutkan di bawah ini:

SIAP KEHILANGAN
Yang dimaksud dengan kehilangan disini adalah kehilangan benda-benda atau asset yang disadari atau tidak selama ini membuat kita tersandera.

Misalnya utang dengan jaminan SK itu hanya akan lunas di waktu yang telah ditentukan. Pihak pemberi utang tentu tetap merasa tenang karena ada jaminan dari tempat kita bekerja karena tiap bulan gaji kita otomatis langsung terpotong. Gak ada kredit macet dan PASTI UNTUNG!

Kalau misalnya kita berhutang dengan kurun waktu 5 tahun, kemudian baru setahun sudah terasa begitu sempit di dada, bagaimana caranya kita mau memblokir yang 4 tahun sisanya?
Lunasi pokoknya, tebass langsung!

Uangnya dari mana mas? Salah satu cara tercepatnya ya dengan menjual asset!

Punya motor? Bisa dijual..
Punya mobil? Bisa dijual..
Punya tanah? Bisa dijual..
Punya rumah? Bisa dijual juga..

Hasil penjualan itulah 100% harus untuk bayar utang. Jangan untuk yang lain-lain. Kalaupun masih nombok setidaknya gak terlalu banyak lah.

“tapi untuk jual barang dan asset itu kan gak gampang mas? Susah cari pembeli! Bisa berbulan-bulan gak laku-laku juga!”

Oke sekarang kita harus pakai ilmunya ALLAH sesuai yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yaitu SEDEKAH DI DEPAN..!!

Niatnya diganti, bukan begini:
“Kalau rumah saya sudah laku, saya akan sedekah 10 juta untuk anak-anak yatim dan orang-orang fakir miskin..”

Tapi begini:
“Saya akan sedekah 10 juta untuk anak-anak yatim dan orang fakir miskin agar ALLAH ridho dan memberikan jalan keluar dari arah yang Dia kehendaki..”

Kalo udah gitu pasti tuh Allah bakal ridho dan seneng ngelihat hamba-Nya begitu..

Sepanjang saya mengisi seminar “Kembali Ke Titik Nol” di berbagai kota, udah banyak yang ngasih testimoni bahwa asset mereka terjual setelah rutin ngasih makan anak-anak yatim dan duafa. MasyaAllah..

CARI PENDAPATAN LAIN YANG HALAL
Sambil jalan pada proses menjual asset, gak usah malu untuk cari kegiatan lain yang bisa menghasilkan rupiah di luar jam kerja, apapun kerjaannya gak masalah selama itu halal!

Bisa nyambi jadi driver ojek online. Lepaskan sementara seragam PNS, kemudian ganti jaket warna warni. Yang penting halal.. angkut!

Atau mau jualan? Juga gak dilarang.. Bisa belajar jualan online, cari produk dari orang lain dulu, bisa jilbab atau pakaian muslim/ah, casing HP, flasdisk, madu, sambel kemasan, atau obat herbal, apapun itu, pokoknya asal halal ya jalankan. Kumpulkan uangnya untuk membayar pokok utang..

UBAH GAYA HIDUP
Salah satu penyebab kita gampang gengsi adalah gampang emosi ngeliat kawan bisa beli barang-barang baru. Solusinya gak usah gampang panas ketika teman sekantor pada pamer limit kartu kredit, pamer mobil baru, pamer motor, laptop, apalagi cuma HP baru. Itu hanya hal yang remeh temeh.

Inget tujuan awalmu. Pokoknya bisa utang lunas nass. Fokusss jangan gampang panas!

MINTA DOA ORANG TUA
The last but not the least, ini juga paling penting. Mereka yang melahirkan dan membesarkan kita. Cium tangan bahkan kaki mereka, minta doa dari mereka agar kita bisa makin kuat menghadapi jeratan utang itu. Dan agar ALLAH SWT semakin ridho dengan kita.

Jika saatnya nanti moment mengharukan itu datang dan engkau sudah bisa membebaskan SK mu, jangan pernah lagi menyekolahkannya. Mulailah hidup hemat dalam mengelola keuangan.

Setelah itu yakin deh, ketika hati sudah tenang dan pikiran lapang, semua potensi dalam diri dan kreativitasmu bakal keluar. Akibat energi kebaikan akan menjadi berlipat, dan rejeki akan datang lagi lebih berkah dan lebih banyak insyaAllah..

Ingat kawan.. kalau kita meninggalkan sesuatu keburukan karena Allah, maka Dia pasti akan menolong kita dan mengganti dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

“Barangsiapa yang berhijrah di jalan ALLAH, niscaya mereka akan mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak..” [QS An-Nisa : 100]

Selamat berjuang kawan! Semoga kelak engkau menjadi PNS sungguhan.. (P)engen (N)ambah (S)edekah. Sedekahnya jadi bisa lebih banyak. Karena rejeki terus datang berlimpah dan berkah. Aamiin..

Salam lunas!

*****

Sumber tulisan @Saptuari

Bagikan