Sifat Uang (Bagian Ke Dua)

Tulisan ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya tentang Tiga Sifat Uang dan sudah dibahas sifat uang yang pertama. Di tulisan ini adalah sifat uang yang ke dua.

UANG ITU TIDAK SETIA

Ya, Tidak ada yang namanya uang itu setia. Ia tidak akan selamanya bersama Anda.

Misalnya, sebesar apapun kapasitas Anda sebagai seorang dokter terbaik di dunia, Anda dibayar sangat mahal. Tapi tetep aja, kalau pagi Anda makan nasi, yang berasnya beli dari orang lain.

Kalau Anda penjual beras, Anda pun beli ke petani. Dan kalaupun Anda petani, Anda beli pupuk atau bibit juga dari orang lain.

Sekali lagi, UANG ITU TIDAK SETIA. Artinya, tidak ada titik aman dimana uang Anda akan setia saat Anda memiliki uang yang banyak. Anda masih harus tetap berinovasi, bergerak, dan produktif. Jadi Anda ya harus berubah, jangan merasa aman.

Ada quote menarik dari seorang Mantan CEO dari General Electic, Jack Welch. Ia mengatakan: “change before you have to”.

Maksudnya adalah “Perubahan yang dilakukan saat waktunya memang sudah harus berubah, itu adalah sebuah keterlambatan. Jadi kita harus berubah sebelum kita terpaksa atau dipaksa oleh keadaan yang menyebabkan kita memang harus berubah..”

Kira-kira begitu…

Ceritanya, ia mengatakan itu saat dirinya memberikan pidato sambutan ketika ia diangkat sebagai CEO yang baru di G.E. Saat itu, pada tahun 1981 General Electric sudah menjadi salah satu dari 10 perusahaan terbaik di dunia.

Di Tahun berikutnya, ia merombak manajemen di perusaahaan itu. Banyak karyawan yang keluar, dan banyak juga yang masuk. Ia merombak, melakukan perubahan keadaan saat kondisi perusahaan sedang bagus. Dan 10 tahun kemudian G.E masih menjadi salah satu dari 10 perusahaan terbaik. Sedangkan 9 perusahaan yang lain sudah hengkang dari big 10.

Dari kisah G.E tersebut kita bisa mengambil pelajaran:

– Jangan nunggu nggak punya uang dulu, atau nunggu kepepet dulu baru memikirkan sumber income yang baru!
– Jangan nunggu tanggal tua dulu, baru berhemat!
– Jangan nunggu semuanya serba terbatas dulu, baru peka dengan peluang baru!

Maka mulailah dari saat Anda belum waktunya harus berubah. Istilahnya curi start..

Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mulai peka dan terbuka dengan hal-hal baru. Selama hal baru itu adalah sesuatu yang baik dan positif maka tidak ada salahnya jika kita ikut mengambil peluang dan bisa menghasilkan uang dari sesuatu yang baru tersebut.

Bersambung ke artikel selanjutnya “Sifat Uang (Bagian Ke Tiga)”

Bagikan