FAQ Sakinah Islamic City Bekasi (IV)

spesifikasi bangunan

Assalamu’alaikum… Sahabat fillah,

Tulisan ini masih menyambung artikel yang berjudul FAQ Sakinah Islamic City Bekasi beberapa hari yang lalu dimana pembahasan terakhir adalah mengenai status lahan proyek Sakinah Islamic City Bekasi.

Dan ini beberapa hal lanjutannya:

*.Kalau listrik dan airnya bagaimana?*
Jawab :
Listrik dayanya 1300 watt. Airnya masih dalam pertimbangan beberapa opsi antara sumur bor, pdam, dan fitur WTP.

 

*.Spesifikasi bangunannya bagaimana?*
Jawab :
-Pondasi : Batu kali
-Dinding : bata ringan
-Rangka Atap : Galvalum
-Genteng : Polivinyl
-Plafon : Gypsum
-Kusen : Almunium Putih
-Daun Pintu : Multiplek Finishing duco putih
-Sanitasi :Toilet Jongkok
-Listrik : 1300 Watt
-Air : Sumur Bor

 

*.Kalau sudah akad dan DP, tiba2 di tengah jalan pembeli memutuskan untuk mundur atau cancel itu bagaimana?*
Jawab :
(i) Dalam islam, terkait jual – beli Istishna’ (Pesanan) tidak ada Khiyar Syarat (misal: dalam tempo 3 bulan transaksi bisa dibatalkan jika tidak cocok), yang ada adalah Khiyar Majelis (selama dalam majelis akad boleh dibatalkan, dan ketika sudah keluar majelis akad mengikat kedua belah pihak). Sehingga setelah ditandatanganinya surat kesepakatan pemesanan unit ini, KEDUA PIHAK tidak dapat membatalkan. PIHAK PERTAMA berkewajiban menyelesaikan unit pesanan, dan PIHAK KEDUA berkewajiban membeli dengan harga yang sesuai dengan kesepakatan.


(ii) Apabila terjadi pembatalan, maka kembali kepada hukum asal pembatalan, yaitu harus ada ganti rugi oleh pihak yang membatalkan, karena pihak yang membatalkan secara tidak langsung telah terkena hukum dosa karena ingkar janji dan berkewajiban ganti rugi kepada pihak yang lain. Sehingga pembatalan atau pengunduran yang dilakukan oleh PIHAK KEDUA maka akan dikenakan potongan sebesar 30% dari pembayaran yang telah disetorkan. Sisa uang yang telah disetorkan akan dikembalikan oleh PIHAK PERTAMA paling lambat 1 Tahun. Biaya sebesar 30% ini digunakan untuk kepentingan jasa, administrasi, dan biaya lain-lain. Hal ini dilakukan karena biaya tersebut telah dikeluarkan dan ini menjadi kerugian PIHAK PERTAMA. Pemotongan ini tidak termasuk kedalam Riba, karena Riba itu secara bahasa adalah Az-ziadah atau tambahan atas harta pokok (hutang), sedangkan potongan ini adalah pengurangan harta yang diperuntukkan sebagai pengganti biaya yang telah dikeluarkan oleh PIHAK PERTAMA.

Kesimpulan :
Bisa dicancel dengan syarat dipotong biaya ganti rugi sebesar 30% dari total masuk.

 

*.Bagaimana jika pembatalan dari pihak developer?*
Jawab :
Jika pembatalan atau pengunduran diri dilakukan oleh Pihak Developer dikarenakan suatu hal maka pihak Developer akan mengembalikan uang yang telah diterima dari pihak Pembeli sebesar 100% secara bertahap dan paling lambat maksimal 1,5 Tahun.

*****

Masih akan ada kelanjutan tulisan dari artikel tersebut di atas pada posts selanjutnya. Mohon ditunggu ya..

Bagikan