Bahaya Riba

Salah satu dosa yang banyak umat Islam masih lalai dan abai terhadap bahaya riba di zaman sekarang ini adalah riba.

Riba, yang banyak ragam dan bentuk serta namanya ini merupakan salah satu dosa besar yang sangat berbahaya bagi para pelakunya karena dapat membinasakan. Kalau tidak di dunia ini, yakinlah, para pelaku riba akan dibinasakan di akhirat kelak.

Na’udzubillah…

Rasulullah SAW bersabda:

“Tinggalkan 7 hal yang membinasakan, (salah satunya adalah) memakan riba.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadits tersebut di atas saja sudah jelas bagaimana bahaya riba.

Riba, bukan hanya sekedar bunga (bank) semata, tapi juga banyak bentuk dan turunannya. Mulai dari beragam kredit; KPR Bank, Leasing, produk asuransi dan lain sebagainya.

Lalu apa saja bahaya riba?

1. Allah SWT Akan Musnahkan Harta Riba

Allah SWT berfirman:

يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.” (QS. Al-Baqarah: 276)

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Jangan kalian takjub terhadap seseorang yang memperoleh harta dari cara yang haram (salah satunya dengan jalan riba). Jika harta tersebut dikembangkan maka tidak diberkahi.” (HR Thabrani dan Baihaqi)

2. Pelaku Riba Seperti Kemasukan Syaitan

Allah SWT berfirman:

ٱلَّذِينَ يَأْكُلُونَ ٱلرِّبَوٰا۟ لَا يَقُومُونَ إِلَّا كَمَا يَقُومُ ٱلَّذِى يَتَخَبَّطُهُ ٱلشَّيْطَٰنُ مِنَ ٱلْمَسِّ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْبَيْعُ مِثْلُ ٱلرِّبَوٰا۟ ۗ وَأَحَلَّ ٱللَّهُ ٱلْبَيْعَ وَحَرَّمَ ٱلرِّبَوٰا۟ ۚ

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), Sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba…” (QS. Al-Baqarah: 275)

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Jauhkan dirimu dari dosa-dosa yang tidak diampuni (salah satunya adalah) memakan riba. Maka barangsiapa memakan riba, kelak akan dibangkitkan pada hari Kiamat dalam keadaan gila dan terhuyung-huyung.” (HR Thabrani)

3. Pelaku Riba Kekal Di Neraka

Allah SWT berfirman:

فَمَنْ جَاءَهُ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّهِ فَانْتَهَى فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللَّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

“Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari transaksi riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu (sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali mengulangi (bertransaksi riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 275)

Bersambung pada tulisan selanjutnya (Bahaya Riba Bag. 2)

salah satu bahaya riba 1

bahaya riba kekal di neraka

Bagikan